Kisah Hati-buah hati Pemotret Ulung dari Kupang

Kupang

Pantai dengan batuan berukuran besar telah jadi ciri khas Pantai Kolbano di Kupang. Tetapi, di sana juga ada buah hati-buah hati pemotret ulung yang bertalenta. – www.ichthusschool.com/our-campus

Di kalangan traveler yang tamasya ke Kupang di NTT, tidak sedikit yang memasukkan nama Pantai Kolbano dalam destinasi alternatifnya. Terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan yang berjarak tiga jam perjalanan darat dari Kota Kupang, pantai ini memang telah populer.

Atas ajakan Angkasa Pura I sebagian waktu lalu, bersama rekan media sempat berkunjung ke Pantai Kolbano. Jaraknya memang cukup jauh, tetapi cocok dengan keindahannya.

Sesampainya di Pantai Kolbano, langit biru malah menyambut aku dan rekan media. Tidak berapa lama aku mengagumi birunya langit, perhatian malah bermigrasi pada batuan berukuran sedang yang menjadi ‘pasir’ Pantai Kolbano.

Ya, itulah salah satu keunikan dari Pantai Kolbano. Di mana pasirnya tak terdiri dari butiran namun batu berukuran sedang.

Dikala aku tengah asyik mengagumi batuan yang ada di Pantai Kolbano, tiba-tiba ada seorang buah hati paruh baya menghampiri. Sebelum aku sempat menebak identitas sampai seputar tujuannya menghampiri aku, dia menawarkan sebuah jasa yang membikin aku kaget.

“Kakak, berharap aku foto?,” ujar buah hati kecil yang baru-baru ini aku kenal bernama Jason.

Tanpa modal kamera di tangannya, Jason kecil berani menawarkan jasa memfoto. Aku malah balik bertanya, gunakan kamera siapa?

Layaknya pengarah gaya dan fotografer profesional, Jason dengan lihai menekan shutter kamera. Mulai dari angle berdiri hingga menunduk, dilakoni oleh Jason sebagai sang fotografer.

Bagaimana hasil fotonya? Khususnya cukup baik. Mulai dari komposisi foto yang paralel dengan latar belakang, langit biru yang tidak over serta konsentrasi. Penasaran, aku balik bertanya dari mana Jason belajar fotografi dasar. Digambarkan, dia tidak punya telepon seluler atau kamera profesional.

Diceritakan oleh Jason, terbukti kecakapan memfoto hal yang demikian dia bisa dari para cameraman dari acara tamasya My Trip My Adventure atau MTMA ketika berkunjung ke sana sebagian waktu lalu.

Dari permulaan datang hingga akhir, Jason kecil malah konsisten loyal memandu aku layaknya fotografer pribadi. Di waktu yang sama, aku malah sempat berbincang lebih jauh dengan Jason.

, Jason tinggal tidak jauh dari Pantai Kolbano. Di jeda kesibukan sekolahnya di kelas 2 SMP, Jason yang baru berumur 13 tahun memang kerap kali mengambil jasa sambilan untuk memfoto pelancong yang datang ke Pantai Kolbano bersama sahabat-sahabatnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.