Simpan Air Mineral Kemasan Berjam-jam, Berakibat Buruk

Air menaruh banyak manfaat bagi tubuh, bagus untuk orang dewasa ataupun buah hati-buah hati. Mengkonsumsi air putih, dikenal bisa meningkatkan tumbuh kembang buah hati.

Karena, air diperlukan untuk pertumbuhan sel dalam tubuh, termasuk sel- sel otak. Jikalau kurang mengkonsumsi air, mereka akan mengalami dehidrasi, dan itu berakibat kepada tumbuh kembangnya.

Manfaat rentang panjang hidrasi sehat yaitu bisa menolong menurunkan risiko penyakit batu ginjal, infeksi kandung keming serta penyakit tak menular, seperti ginjal, diabetes dan lainnya. Karenanya dari itu penting untuk mengkonsumsi air minimal delapan gelas per hari atau dua liter sehari.

Untuk memenuhi keperluan air dan konsisten terhidrasi, tak jarang orang membeli air mineral kemasan. Tetapi, berapa lama air mineral diminum sesudah tutup botol diperkenankan terbuka? Ahli hidrasi dari Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia, Dr dr Diana Sunardi MGizi SpGK mengatakan, tak lebih dari dua jam.

Ia menerangkan, hal ini berkaitan dengan mikroba dikala botol dibuka. Air di dalam botol akan terkena udara dari lingkungan, yang dapat saja terdapat kuman dan masuk ke dalam air.

“Belum lagi sekiranya kita minum segera dari mulut, kan mulut kita ada kuman. Kuman masuk ke botol, seandainya didiamkan, lama kelamaan akan berkembang biak. Apalagi, sekiranya temperatur udaranya pantas,” terang ia.

Anda dapat mencegah kuman berkembang biak dalam botol, dengan sistem menuangkan air ke wadah gelas. Atau menerapkan botol yang dapat dipakai berkali-kali.