Modal Mitsubishi Xpander Berkompetisi di Pasar 2019

Tahun 2018 adalah tahun kedua bagi Mitsubishi Xpander hadir meramaikan pasar otomotif Tanah Air di segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Walaupun tergolong pendatang baru, tetapi pencapaiannya cukup signifikan. Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro, mengatakan Xpander sudah meyumbang kontribusi yang benar-benar baik. Situasi ini ditunjukkan dengan total angka pengorderan yang menempuh 115.000 unit sampai penghujung 2018 lalu. “Xpander sebagai small-MPV favorit Mitsubishi Motors sudah memperoleh penerimaan yang benar-benar baik. Hal ini tidak lepas dari kesesuaian desain, fitur, performa, dan kenyamanan yang ditawarkan dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat Indonesia,” sebut Irwan dalam siaran resminya.

Walau demikian, perjalanan Xpander pada 2019 diprediksi tidak akan semulus tahun lalu. Hal ini dikarenakan kompetisi di semgen LMPV akan semakin memanas dengan adanya sebagian produk baru yang diluncurkan para rivalnya. Salah satunya seperti duet Toyota dan Daihatsu yang sesaat lagi akan meluncurkan penyegaran dari Avanza- Xenia. Bukah hanya itu saja, Honda diinfokan juga tengah menyiapkan pembaruan pada Mobilio.

Baca Juga: Mitsubishi Jakarta

Namun begitu, Iwan mengatakan jika Mitsubishi siap melanjutkan pencapaian positif Xpander di 2019. Sebelumnya, Deputy Group Head of Planning & Communication Group MMKSI Intan Vidiasari, juga telah menegaskan bahwa Mitsubishi telah menyiapkan beberapa¬† stategi untuk memberikan perlawanan dari para saingan Xpander, salah satunya dengan menghadirkan fitur baru. “Kami memiliki agenda untuk meningkatkan fitur-fitur dari Xpander, dan disaat ini sedang dipelajari lebih lanjut,” sebut Intan. Lebih lanjut Iwan membeberkan Mitsubishi siap melanjutkan bermacam-macam aktivitas, pencapaian, dan kontribusi Xpander dengan peningkatan layanan bagi konsumennya di Tanah Air. Sebagian pencapaian taktik Xpander pada 2018 lalu dianggap menjadi modal untuk berkompetisi, seperti :
– Hasil uji tabrak yang meraih bintang empat dari ASEAN Car Assesment Program (NCAP). Xpander sendiri menjadi MPV pertama Mitsubishi yang diuji tabrak dengan sistem pengujian baru dan secara keseluruhan memperoleh 71,66 poin.
– Ekspor perdana ke Filipina yang mewujudkan Xpander sebagai kendaraan beroda empat pertama Mitsubishi Motors yang diekspor ke luar negeri dari Indonesia.
– Penambahan Varian dengan meluncurkan Xpander Sport manual dan Xpander GLS matik yang menjadi komplemen di keluarga Xpander. – Penambahan produksi seiring tingginya permintaan yang baik dari dalam maupun luar negeri. Mitsubishi berencana untuk terus meningkatkan kapasitas produksi dengan sasaran 150.000 di tahun fiskal 2019.
– Penambahan jaringan untuk mempermudah pelayanan bagi calon konsumen Xpander. Total ada 123 outlet resmi kendaaraan penumpang Mitsubishi di Indonesian dan hingga Maret 2019 ditargetkan jumlahnya akan bertambah sampai 143 dealer Mitsubishi.

Simak Juga: Mitsubishi Tangerang