Tips Membersihkan Baju Pengantin

Related image

Langkah-langkah Membersihkan Gaun Pengantin Anda

Bahkan selama bertahun-tahun sesudah pernikahan Anda, Anda tentu berkeinginan melihat gaun pengantin tetap kelihatan seperti baru, seperti ingatan terakhir Anda saat memakainya. Maka dari itu banyak hal yang seharusnya dipertimbangkan sebelum membersihkan gaun pengantin untuk menghindari kerusakan bahan pakaian pengantin yang harusnya dijaga. Berikut sebagian tips untuk membersihkan gaun pengantin Anda dan menjaga kondisinya:

– Tanyakan Ahlinya

Disaat pertama kali membeli gaun, tanyakan cara membersihkannya pada sang perancang. Jika gaun sudah dipakai dan Anda menemukan noda, segera bawa ke binatu dan tanyakan apakah noda tersebut dapat dibersihkan.

– Jangan Sok Tahu

Jangan berpikir Anda tahu caranya mencuci gaun pengantin dengan benar cuma skarena Anda mempunyai gaun berbahan sama. Jika Anda bukan desainer atau pakar material kain, cara yang Anda lakukan mungkin malah akan merusak gaun Anda.

Baca Juga: Sewa Baju Pengantin

– Cari Tahu Nodanya

Penyebab noda yang berbeda akan memerlukan perawatan yang berbeda pula. Sehingga, Anda semestinya tahu secara khusus dulu noda apa yang mengenai gaun Anda, apakah itu water-based atau oil-based. Jangan bersihkan gaun tanpa tahu apa variasi nodanya, Anda mungkin akan berakhir dengan noda yang tak dapat dibersihkan atau malahan memperparah noda.

– Perlakukan dengan Hati-hati

Banyak area yang butuh perhatian, apalagi apabila detil gaun Anda kompleks/rumit, apabila penuh dengan bebatuan dan bordiran. Material ini semestinya dibersihkan dengan tangan, apabila Anda merasa kesulitan, datang saja ke binatu dan meminta mereka untuk membersihkannya. Dengan bahan yang demikian itu menawan dan rentan, memilih mencucinya di mesin cuci bukanlah pilihan. Jika Anda melakukannya, akan berimbas fatal bagi gaun Anda.

– Keringkan dengan Benar

Sesudah Anda mencucinya, keringkan gaun dengan menggantungnya supaya bentuknya tetap sempurna. Jika Anda berkeinginan memakai pengering, tanyakan dulu pada ahlinya. Jika Anda membersihkannya sendiri, paling baik apabila dikeringkan di udara biasa. Jangan hanya menggantung gaun pengantin yang berair tersebut begitu saja atau bentuknya akan rusak.

– Kenali Bahan

Penting untuk Anda tahu apakah gaun pengantin Anda terbuat dari polyester atau sutra. Jika sutra maka Anda hanya boleh mencucinya dengan air hangat sebab apabila terlalu dingin atau panas, bahannya akan mengerut.

Semoga gaun pengantin Anda tetap terjaga walau umur pernikahan Anda tak lagi muda. Selamat mencoba.

Simak Juga: Salon Muslimah