7 Arti Warna dan Kegunaan Helm Safety

Seberapa pahamkah kamu perihal kegunaan dan makna dari warna pada helm safety? Sering kita melihat pekerja konstruksi menerapkan helm berwarna-warni di dalam sebuah proyek pembangunan sebuah gedung? Tahukah kamu, masih banyak yang tidak mengerti perihal fungsi sebenarnya dari warna pada helm yang menarik perhatian itu.

Ini tidak digunakan semata-mata atas dasar keperluan untuk tampil fashionable ketika berkerja. Rupanya warna pada helm yang digunakan pekerja konstruksi punya makna dan fungsi tersendiri untuk membedakan tiap-tiap pekerja menurut peran dan fungsi kerjanya.

Jadi, bukan berarti yang menggunakan helm berwarna merah adalah pekerja yang pemberani atau malahan helm yang mereka pakai hanya  berdasarkan warna yang mereka sukai, bukan pula mencocokkan warna pakaian mereka dengan helm yang mereka pakai.

Simak Juga: Kacamata Safety

Ketentuan dan fungsi mengenai warna helm pada proyek pembangunan di tiap-tiap negara bahkan perusahaan berbeda-beda akan tetapi berikut adalah tata tertib dasar penjelasan fungsi dan makna warna pada helm safety:

Putih: umumnya digunakan oleh manajer, pengawas, supervisor, mandor ataupun pimpinan divisi sebuah proyek. Dapat disimpulkan bahwa mereka yang menerapkan helm berwarna putih adalah orang yang mempunyai kepentingan dalam sebuah proyek. Jadi jangan remehkan mereka para white helmet ya.

Kuning: umumnya digunakan oleh pekerja awam (general worker) atau operator mesin yang jumlahnya lumayan banyak dalam sebuah pegerjaan proyek sehingga mudah dilihat apabila ada pekerja lain yang sedang menggunakan alat berat dan terdapat pekerja umum di sekitarnya. Kuning yang cerah dapat membuat siapa saja yang melihat seseorang yang menggunakan helm berwarna kuning dapat dengan cepat mengenalinya. Dengan begitu kecelakaan kerja bisa terhindari.

Hijau: umum digunakan oleh pengawas keamanan site area ataupun lingkungan atau dapat juga digunakan oleh para pekerja baru. Dengan kata lain, warna hijau pada helm safety digunakan oleh petugas keamanan area proyek sama halnya dengan satpam yang menggunakan warna hijau pada rompi yang membuktikan bahwa dia bertugas sebagai keamanan suatu lokasi pekerjaan dan bertanggung jawab atas keamanan kawasan yang dijaganya.

Cek Juga: Road Barrier

Biru: umumnya digunakan oleh pekerja bagian pengelolaan kayu, pekerja komponen kelistrikan ataupun konsultan teknik. Listrik identik dengan warna biru yang jelas.

Cokelat: umunya digunakan oleh para pekerja yang menggunakan perlengkapan yang menghasilkan panas seperti pekerja las dan lain sebagainya.

Merah: sesuai dengan warnanya yang identik dengan warna api yaitu merah, sangat identik dengan pekerja bagian tim pemadam kebakaran. Sama halnya dengan pemadam kebakaran yang menghasilkan warna merah sebagai warna yang identik dengan profesi mereka sebagai pemadam kebakaran.

Pink: umumnya digunakan oleh pengunjung proyek dan digunakan oleh developer, tetamu, maupun pekerja magang.

Peraturan tata tertib dasar seperti ini telah dipakai di beberapa perusahaan. Agar setidaknya kita tidak asal-asalan dalam menerapkan helm safety untuk menghindari kesalahan pekerja lain saat Anda memakainya di lokasi proyek. Jadi, sudahkan kalian mengerti tentang warna dari helm safety? Jangan asal menggunakan lagi ya.

Baca Juga: Alat Keselamatan Kerja