8 Tips dan Trik Travelling Murah ke Maldives

Tidak ada satu orang pun yang meragukan keindahan Maldives. Pantai pasir putih seperti gula tepung yang halus, birunya air laut, resort-resort mewah mengapung di atas air menjadi ciri khas negara yang berlokasi di Samudra Hindia ini. Bertetangga dengan Srilanka dan India, negara ini mempunyai kurang lebih 1.200 pulau. Hanya 200 pulau di antaranya yang berpenghuni.

Tidak salah bila Maldives bergelar sebagai liburan pantai tropis terbaik di dunia. Tetapi, selama ini banyak orang berpendapat liburan ke Maldives adalah liburan yang mahal. Hanya kalangan menengah ke atas yang dapat pergi kesana. Tetapi, hal itu tidak benar. Berikut 8 tips dan trik yang dapat kamu terapkan untuk berlibur murah ke Maldives.

1. Jangan menginap di resort mewah.

Semenjak tahun 2009, pemerintah Maldives membuat tata tertib baru mengenai pariwisata di Maldives. Tidak hanya pulau-pulau dengan resort mewah saja yang dibuka untuk para turis seperti sebelumnya. Hal itu disambut baik oleh warga lokal. Mereka berlomba-lomba membangun penginapan dengan harga yang relatif murah.

Kalau harga rata-rata resort-resort mewah tersebut mulai dari 10 jutaan keatas, penginapan yang dikelola warga lokal tidak lebih dari 50 US dolar atau sekitar 700 ribu hingga 1 juta saja. Maldives sekarang telah ramah untuk kantong wisatawan backpacker. Tidak heran bila akhir-akhir ini Maldives semakin ramai dikunjungi para turis dari segala penjuru dunia.

Simak Juga: Holyland Tour

2. Rajin-rajin cari tiket pesawat promo.

Semenjak banyaknya penginapan-penginapan murah, jumlah wisatawan ke Maldives semakin meningkat. Beberapa maskapai penerbangan mulai membuka rute ke Maldives. Bahkan sekarang banyak yang menawarkan tiket promo. Kamu harus rajin-rajin cek harga tiket supaya mendapatkan tiket promo yang harganya jauh lebih murah.

3. Pergi secara rombongan.

Untuk mengunjungi satu pulau ke pulau lainnya di Maldives, para turis harus menyewa kapal. Umumnya kapal tersebut akan dihargai per kapal, bukan per orang. Dengan pergi berkelompok, biaya membayar sewa kapal menjadi lebih ringan. Sama halnya dengan penginapan. Semakin banyak rombongan kamu, Maka semakin murah biaya sewa penginapan yang harus ditanggung per orang.

4. Tidak pergi di musim liburan dan high season.

High season di Maldives terjadi pada bulan November sampai Maret. Pada bulan-bulan ini cuaca di Maldives benar-benar cerah dan air lautnya jernih seperti kaca. Di bulan April, cuaca di Maldives masih panas, tetapi tidak sebagus pada November-April. Sedangkan, pada Mei-Oktober yakni musim penghujan.

Agustus juga masuk ke dalam high season karena bertepatan dengan libur panas orang Eropa. Jika berkeinginan melakukan perjalanan murah, hindari musim-musim liburan seperti itu karena harga tiket pesawat dan penginapan menjadi lebih mahal.

Kunjungi Juga: Tour ke Israel

5. Cari pulau terdekat dan ramai untuk menginap.

Semakin jauh sebuah pulau dari airport di Maldives, maka akan memerlukan transportasi yang lebih lama. Tidak hanya soal waktu, mungkin kamu juga harus mengeluarkan uang ekstra. Ada baiknya memilih pulau yang tidak terlalu jauh dan sudah ramai. Artinya keperluan pokok mencukupi dan tidak sulit didapat. Sehingga harga yang ditawarkan juga lebih murah dibandingkan dengan pulau-pulau yang hanya mempunyai satu dua penginapan.

6. Jangan terlalu banyak membawa uang dalam mata uang Maldives.

Mata uang yang digunakan di Maldives tidak setenar pulau-pulau dan pantainya. Mata uang Maldives yaitu rufiyaa, mirip dengan mata uang Indonesia. Kamu dapat menggunakan kartu kredit dan debit di sebagian daerah. ATM juga tersedia untuk tarik tunai. Ada baiknya bawa uang dolar untuk kondisi genting.

Kamu tidak perlu menukarkan uang ke dalam satuan rufiyaa terlalu banyak. Karena apabila uang itu tidak habis, dan kamu lupa menukarkannya kembali di Maldives, akan benar-benar sulit menukarkannya di negara lain. Jarang ada money changer diluar Maldives yang mau menerima rufiyaa.

Baca Juga: Holy Land Tours

7. Pakai kapal ferry lokal sebagai alat transportasi.

Sebagai negara kepulauan, ferry atau kapal laut adalah alat transportasi utama di Maldives. Ada dua variasi ferry di sana, yaitu ferry lokal dan swasta. Ferry lokal harganya cukup murah, mulai dari Rp 3.000-20 ribu, tergantung tujuan. Meskipun Ferry lokal harganya lebih mahal.

Ada juga pesawat dari Bandar Ibrahim Nasir, Male, yang langsung menuju ke pulau-pulau dengan resort mewah. Tentu kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk tiket pesawat tambahan. Jadi sebaiknya pakai saja ferry lokal sebagai alat transportasimu selama liburan di Maldives. Asalkan kamu pintar mengatur waktu, pasti semuanya berjalan lancar.

8. Ambil paket one day tour dari resort mewah.

Walaupun liburan dengan paket hemat, rasanya kurang lengkap jika tidak menikmati resort mewah yang ada di Maldives. Jangan putus hasrat dahulu, kau dapat kok menikmati mewahnya resort-resort itu tanpa perlu membayar puluhan juta untuk menginap disana. Cukup ambil paket one day tour dengan harga mulai dari 100 US dolar. Terdengar cukup mahal. Melainkan, untuk daerah liburan sekelas Maldives, harga hal yang demikian tergolong murah.

Rata-rata resort-resort mewah yang ada di Maldives mempunyai paket tersebut. Kamu dapat memilih kegiatan yang kamu inginkan. Snorkling, night fisching, berenang bersama hiu dan ikan pare, sampai spa sambil memandangi ikan yang cantik berwarna-warni berseliweran di bawah resortmu. Harga tersebut juga telah termasuk makan gratis sepuasnya dengan menu seafood.

Kegiatan ini wajib diambil bagi kamu yang anak gaul kekinian. Kamu dapat berfoto di semua spot di resort mewah dan membuat instagrammu semakin keren.

Jadi, tunggu apa lagi? Rencanakan perjalananmu ke Maldives sekarang!

Cek Juga: Paket Tour Israel