Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Coworking Space

Coworking space atau tempat kerja bersama semakin populer dan banyak diminati oleh banyak orang. Bahkan sampai saat ini, Ibukota kita tercinta, Jakarta masih menjadi penyumbang terbesar populasi coworking space seiring banyak pelaku startup, komunitas dan freelancer di kota-kota besar.

Apa saja yang membuat coworking space ini menjadi populer dan banyak digunakan sebagai kantor bagi banyak orang? Serta apa saja kelebihan dan kekurangan bekerja di coworking space?

Apa itu coworking space?

Coworking space adalah tempat kerja bersama atau kantor dengan konsep baru yang dapat digunakan setiap orang. Coworking space umumnya dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan rintisan yang mempunyai keterbatasan pembangunan atau menyewa kantor sendiri.

Kunjungi Juga: Coworking Space Medan

Dengan menerapkan coworking space, para perusahaan ini dapat menyewa kantor dengan luas ruang yang diinginkan serta dengan budget yang dapat lebih ditekan.

Bukan hanya perusahaan rintisan, coworking space ini juga tidak jarang digunakan oleh kalangan mahasiswa, peneliti, pekerja paruh waktu, editor, jurnalis sampai penulis.

Di sebuah coworking space, juga dapat kita temukan semua jenis pekerjaan di atas dalam satu ruang. Selain itu, coworking space juga umumnya digunakan untuk acara-acara komunitas kreatif.

Asosiasi Coworking Space Indonesia mencatat sampai saat ini terdapat sekitar 220 unit coworking space yang tersebar di 44 kota di Indonesia atau meningkat dari tahun 2016 yang menempuh 60 unit.

Dari pola sebaran coworking tersebut, hampir 50 persen populasinya berada di Jakarta, sisanya terdapat di kawasan Jawa. Diperkirakan, jumlah coworking space bakal terus bertambah setiap tahunnya.

Kelebihan coworking space

Beberapa para freelancer, mahasiswa atau pekerjaan lainnya lebih memilih menerapkan coworking space untuk tempat bekerja mereka. Umumnya masing-masing coworking space menawarkan sewa harian, mingguan, bulanan sampai tahunan.

Untuk coworking space di wilayah Jabodetabek, besar umumnya sewa sangat bervariasi mulai dari Rp50.000 per delapan jam sampai Rp1 juta per bulan. Khusus untuk Jakarta, besaran biaya sewanya sedikit lebih tinggi.

Simak Juga: Meeting Room Medan

Sebagian biaya bekerja di coworking space antara lain Anda dapat bekerja lebih kondusif dengan sebagian fasilitas pensupport seperti dunia online, AC, sofa, meja, tempat duduk sampai tempat yang jauh lebih terkesan rumah diperbandingkan kantor pada umumnya.

Untuk para pelaku startup, bekerja di coworking space dapat menambah jaringan atau berbagi pengalaman dengan sesama pelaku usaha yang sama-sama menerapkan coworking space.

Bagi para freelancer, yang umumnya bekerja di restoran tentu memilih coworking space sebagai alternatif yang pas karena akan lebih jauh menghemat biaya.

Sementara bagi yang umumnya bekerja di rumah, bekerja di coworking space jauh lebih nyaman karena tidak ada gangguan atau gangguan yang sering menghalangi saat bekerja.

Kekurangan coworking space

Ada sebuah anekdot seputar coworking space. Seseorang yang bekerja menggunakan tempat coworking space itu sangat boros. Sewa tempat delapan jam dengan biaya Rp50.000 dan harus membawa notebook sendiri. Lebih baik bekerja di warnet saja dengan biaya Rp50.000 dapat seharian dan dapat menggunakan fasilitas komputer yang disediakan pemilik warnet.

Cek Juga: Virtual Office Medan

Ya, jika memperhatikan anekdot hal yang demikian di sisi lain memang ada benarnya. Jika kita hitung-hitung biaya bulanan untuk sewa coworking space saja per bulan harus merogoh kocek Rp1 juta hanya untuk memperoleh tempat kerja dan jaringan internet.

Khusus bagi para beberapa freelancer, biaya sewa tersebut dievaluasi lebih besar. Karenanya beberapa freelancer ada juga yang tidak memillih coworking space sebagai tempat kerja mereka.

Para freelancer ini lebih memilih bekerja di daerah-daerah lain yang jauh lebih hemat seeprti kosan, perpustakaan atau memasang jaringan internet sendiri dengan budget yang lebih murah daripada menyewa coworking space.

Pilih bekerja di coworking space atau ditempat lain

Dari pembicaraan di atas sudah diuraikan beberapa kelebihan dan kekurangan bekerja di coworking space. Tentu saja setiap orang relatif dapat mengevaluasi sendiri mana yang lebih hemat dan menguntungkan apakah bekerja di coworking space, restoran, sewa kantor atau bekerjar di rumah sendiri.

Bagi para perusahaan rintisan mungkin akan lebih memilih coworking space daripada berkantor di rumah pribadi atau sewa kantor yang lebih mahal.

Tapi untuk sebagian para freelancer ada juga yang memilih bekerja di warung kopi atau kosan karena biayanya bisa lebih hemat. Kalau Anda lebih memilih bekerja di mana?

Baca Juga: Coworking Space di Medan