Jenis Mesin Potong Rumput Dan Tips Untuk Merawatnya

Memiliki lingkungan pekarangan rumah yang asri dan indah merupakan idaman bagi sebagian orang. Pemandangan yang hijau dan rapi bisa memberikan nuansa tenang dan santai. Rumput perlu juga dijaga keasriannya dengan melakukan pemangkasan rutin, karena rumput yang tidak dipangkas nantinya akan semakin panjang dan menjadi semak belukar.

Umumnya untuk memelihara dan menata rumput bisa menggunakan sabit atau gunting rumput. Akan tetapi dengan memakai alat ini memerlukan waktu yang lama dan tenaga ekstra. Seiring perkembangannya jaman dan teknologi, memelihara atau memotong rumput bisa dilakukan dengan mudah dan praktis menggunakan mesin pemotong rumput, sehingga akan memberikan hasil yang lebih memuaskan dan rapi.

Jenis Mesin Potong Rumput

1. Mesin Potong Rumput Listrik

Mesin potong rumput listrik ada 2 macam, yaitu dengan instalasi listrik (kabel) dan dengan Baterai (tanpa kabel). Penggunaannya lebih mudah dan ringan karena tidak ada getaran mesin.

2 Mesin Potong Rumput Gendong

Mesin potong rumput gendong adalah mesin potong rumput yang cara penggunaanya dengan cara digendong dipunggung. Mesin potong rumput gendong ini bisa memotong rumput dihalaman yang permukaan tanahnya tidak rata ataupun bergelombang. Jenis mesin ini bentuknya hampir sama dengan alat penyemprot hama. Disaat memakai mesin ini sebaiknya digunakan dengan cara berjalan maju, bukan berjalan mundur. Hindarkan dari batu pada saat penggunaannya supaya pisau pemotong rumput tidak cepat rusak.

Tipe Memilih Pisau Untuk Mesin Potong Rumput Gendong:

  • Pisau potong rumput senar, dengan memakai senar akan lebih aman jika pisau mengenai batu atau kerikil. Karena batu atau kerikil tidak akan terpental mengenai operator.
  • Pisau palang: Umumnya digunakan untuk memotong rumput yang cukup besar seperti alang-alang, rumput gajah dan sebagainya.
  • Pisau bulat bergigi 8: Pada pisau tipe ini cocok digunakan untuk memotong semak belukar.
  • Pisau bulat bergigi 80: Pisau tipe ini digunakan untuk memotong dahan pohon.

Baca Juga: Mesin Potong Kayu

3. Mesin Pemotong Rumput Dorong

Yaitu mesin potong rumput yang digunakan dengan cara didorong. Mesin ini cocok digunakan pada halaman atau lapangan dengan permukaan tanah yang rata. Mesin ini bisa memotong rumput sampai pinggir sesuai dengan jalur roda. Pada bagian tangkai pendorongnya dapat dilipat sehingga mudah sekali untuk disimpan dan terdapat penampung rumput. Disaat mengoperasikan mesin rumput dorong sebaiknya digunakan dengan cara berkeliling memutar supaya rumput yang terpotong bisa terkumpul ditengah halaman dan mudah dibuang.

Ada juga jenis dorong tanpa BBM atau Listrik (manual), cara kerjanya cukup dengan didorong saja dengan tenaga operatornya.

4. Mesin Pemotong Rumput Mobil

Mesin pemotong rumput mobil adalah mesin yang sangat mudah cara penggunaannya seperti layaknya mengemudikan mobil. Pada bagian bawah mesin pemotong rumput mobil ini terdapat mesin potong yang bekerja. Mesin jenis ini cocok digunakan pada tempat yang benar-benar luas seperti pada lapangan sepak bola dan lapangan golf.

Tips Merawat Mesin Potong Rumput

1. Rajin Memanaskan Mesin

Untuk mencegah terjadinya kemacetan mesin pada saat digunakan sebaiknya panaskan mesinnya terlebih dahulu. Jauhkan kabel busi dari businya supaya mesin tidak menyala secara mendadak.

2. Pakai Mesin dengan Baik dan Benar

Pakai mesin dengan baik dan benar. Rawat motor mesin secara terprogram, setidaknya enam bulan sekali dengan membersihkan kerak yang melekat pada piston, ruang pembakaran, knalpot, dan sekrup mesin. Jangan memaksa mesin untuk digunakan secara terus menerus karena dapat menurunkan kinerja mesin.

Cek Juga: Gerinda Tangan

3. Rutin Mengganti Oli dan Bensin

Pastikan ketersediaan oli dan bensin sesuai dengan parameter yang ada sebelum mengawali penggunaan mesin. Gantilah oli dan bensin secara terprogram .

4. Gunakanlah Busi yang Cocok dengan Mesin

Pakai busi yang cocok dan mempunyai rentang waktu penggunaan yang panjang. Karena suku cadang adalah bagian utama dari sebuah mesin, terutamanya pada bagian busi. Bersihkan busi secara rutin supaya tetap bagus kualitasnya.

5. Hindari Bensin yang Tercampur Air

Bersihkan air dan kotoran pada karburator secara rutin serta hindari air masuk dalam tabung bensin.

6 Mengganti Filter Udara

Gantilah filter udara secara terprogram karena udara yang sudah terlalu kotor bisa menghalangi kinerja mesin sehingga tidak maksimal.

Demikian pembahasan mengenai jenis mesin potong rumput dan tips merawatnya. Semoga dapat berguna bagi Anda dalam memilihi mesin potong rumput untuk menata pekarangan rumah Anda.

Simak Juga: Mesin Steam