Cara Memasang Epoxy Lantai Sendiri

Tahukah Anda cara menerapkan epoxy lantai dengan cara sendiri? – Anda mungkin berpikir bahwa epoxy membutuhkan teknik yang mumpuni dalam pemasangannya. Namun, epoxy tidak mewajibkan ahli professional untuk penerapannya, tapi betapa lebih baiknya jika seandainya sudah berpengalaman dan sudah pasti professional. Di luar negeri misalnya, epoxy bisa dipakai oleh individu di mana umumnya untuk mempercantik kediaman pribadi. Berminat untuk mencobanya? Simak terlebih dahulu review berikut!

Step by Step Simpel Pemasangan Epoxy

Jika Anda mau menerapkan epoxy sendiri pada lantai, hal pertama yang diperlukan adalah ambisi, fokus, dan kecekatan. Ambisi diperlukan agar tidak menyerah, fokus dibutuhkan supaya tetap berkonsentrasi, dan kecekatan dibutuhkan karena epoxy mudah mengeras. Jika ketiga hal tersebut telah dimiliki, cukup ikuti 6 langkah mudah penerapan epoxy berikut :

1. Persiapan Permukaan Lantai
Kondisi permukaan lantai jika ingin menghasilkan pemasangan epoxy yang bagus harus mulus dan kering. Terutama terhindar dari minyak karena dikhawatirkan membuat cat epoxy tidak mau melekat dengan lantai. Cara yang paling pas supaya situasi permukaan lantai dapat sesuai dengan kriteria pemasangan epoxy adalah dengan melakukan pengamplasan sederhana.

Baca Juga: Harga Epoxy

2. Pembersihan Debu Lantai
Selain harus kering dan terhindar dari minyak, debu juga seharusnya tidak menempel pada lantai yang akan diberikan lapisan epoxy. Karena, karakteristik epoxy berwarna cemerlang. Jadi, debu yang ketinggalan berpotensi untuk terlihat disaat epoxy telah selesai digunakan dan mengering. Karena itu, Anda harus pastikan membersihkan seluruh sudut lantai terlebih dahulu.

3. Menutup Area Sekeliling Lokasi Proyek
Epoxy memang tidak direkomendasikan untuk digunakan di luar ruangankarena banyaknya debu dan zat lain yang beterbangan dan berpotensi mengagalkan proyek epoxy. Tetapi, apabila terpaksa, maka sebaiknya area sekitar disterilkan terlebih dahulu dengan menutup pemasang sementara sampai proyek selesai sepenuhnya supaya debu dan lainnya tidak mengintervensi.

4. Pengolesan Lapisan Primer
Cara menggunakan epoxy tidaklah langsung menerapkan bahan utama itu. Tetapi dengan menerapkan lapisan primer terlebih dahulu seperti pemasangan lantai umum. Hal ini dilakukan untuk memperkuat pondasi dari tersebut. Meskipun epoxy sudah kuat, namun dengan tambahan lapisan cat primer akan semakin menguatkan dasar lantai.

5. Pencampuran Epoxy dan Pengeras
Langkah berikutnya dalam cara pemasangan epoxy adalah dengan mencampur cat epoxy dengan hardener atau pengeras. Pastikan takaran pas supaya saat digunakan cat mengering sempurna tapi juga tidak memakan waktu lama atau justru terlalu cepat kering. Pakai mixer mesin untuk mencampurnya.

Simak Juga: Harga Epoxy Lantai

6. Pemakaian Campuran Epoxy Pengeras di Lantai
Terakhir, sesudah pencampuran bahan selesai sampai menghasilkan konsistensi yang pas, karenanya saatnya menerapkan di lantai rumah Anda.  Cara pesat, tepat sasaran, dan jitu untuk mengerjakannya adalah dengan menuang isi dari cairan epoxy yang sudah dicampur pengeras. Berikutnya, Anda patut dengan cepat meratakan dengan kuas atau roller. Tunggu mengering, baru berikan lapisan terakhir.

Tips Menggunakan Epoxy Lantai Sendiri

Bisa dikatakan bahwa menerapkan epoxy merupakan hal yang cukup sulit, tetapi bukan berarti mustahil. Berikut tips untuk memasangkan lapisan epoxy supaya berhasil dengan baik:

• Pakai perlengkapan seperti kuas ataupun roller yang mendukung karakteristik lahiriah Anda sehingga tidak cepat lelah.
• Gunakan baju pelindung dan sepatu boot ketika menggunakan epoxy supaya tidak terkena baju dan kulit di mana sulit sekali untuk dihilangkan.
• Pelajari teknik epoxy secara saksama dan jika perlu praktekkan bahan sebenarnya hingga cukup trampil.
• Berusaha untuk tidak hilang fokus supaya tidak tertinggal epoxy yang cepat mengeras.

Bukan mustahil untuk menerapkan cara epoxy lantai sederhana secara sendiri selama Anda memiliki keinginan dan berusaha dalam mengerjakannya. Terlebih sesungguhnya bahan mudah didapatkan dan dalam penerapannya menggunakan tahapan di atas untuk menjadikan epoxy yang baik.

Kunjungi Juga: Jasa Epoxy Lantai