Mengasuransikan portofolio Anda ternyata menguntungkan Emas

Harga Jual Beli Emas Antam Hari Ini – Letakkan 10% dari portofolio Anda dalam emas dan mau itu tak naik,” kata pepatah Wall Street. Tak pernah ada bimbingan yang menonjol lebih pas ketimbang selama 12 bulan terakhir. Saham hampir tidak tertahan. Indeks referensi S&P 500 Amerika sekitar 40% lebih tinggi dari tahun lalu. FTSE 250 mid-cap Inggris sudah melaksanakan hampir juga. Pun indeks blue-chip FTSE 100 sudah melonjak – dan hampir 1.000 skor.

Mereka mengatakan gelombang pasang mengangkat segala perahu, melainkan emas dan perak keduanya sudah dilalui dalam reli komoditi yang luas. Kebenaran yang brutal yakni ini: selama setahun terakhir, logam mulia sudah ditumbangkan oleh hampir segala aset lain di dunia.

Tapi bila Anda meniru kebijaksanaan pepatah, Anda sudah melaksanakannya dengan bagus. Emas Anda yakni premi asuransi Anda. Seluruh sesuatu yang lain naik. Lebih bagus itu ketimbang sebaliknya. Emas yang belum terapresiasi berarti segala sektor lain bagus-bagus saja dengan tabungan emas digital.

Aset analog?
Apakah ada gunanya mempunyai emas lagi? Kini kita mempunyai bitcoin : emas komputerisasi di era komputerisasi. Estetika emas mungkin tak bisa dicontoh, melainkan kelangkaannya sudah terjadi – dan itulah yang memberinya poin. Ekonomi komputerisasi yakni daerah pertumbuhannya. Anda tak sepatutnya via sepuluh tahun neraka untuk menerima produksi tambang. Anda bisa membikin kode aplikasi dan meluncurkannya ke pasar dalam sebagian bulan. Pemodal menerima pengembalian yang lebih pesat sehingga sektor ini menarik lebih banyak modal. Emas, sementara itu, aset yang paling analog di dunia komputerisasi ini, terus berprofesi keras.

Akhir minggu lalu memandang peringatan 50 tahun Presiden Richard Nixon mengambil AS dari standar emas. Sungguh ironis bahwa itu sepatutnya terjadi saat AS menyelamatkan Afghanistan, salah satu intervensi asing yang membawa malapetaka (lihat halaman 8). AS meninggalkan emas untuk membiayai perangnya di Vietnam. Pada Agustus 1971, presiden Prancis Pompidou mengirim kapal perang ke New York untuk mengumpulkan emasnya; Inggris minta AS untuk menyiapkan emas Fort Knox senilai $3 miliar untuk penarikan; dan Presiden Nixon mengatakan terhadap warga Amerika Serikat dalam ceramah yang disiarkan layar kaca bahwa Amerika Serikat tak akan lagi memenuhi komitmennya untuk menebus dolar dengan tabungan emas.

Dikala ditanya perihal imbasnya kepada negara asing, jawaban Nixon yakni, “Aku tak peduli perihal lira”. Nixon melayangkan greenback sebab ia tak mempunyai emas untuk membayar infrastruktur militer yang sudah dibangun AS untuk menjatuhkan empat juta ton bahan peledak di Asia Tenggara. Seperti pajak penghasilan, pelonggaran kuantitatif, dan topeng, mengambangkan dolar disebut-ucap sebagai perbuatan sementara.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, emas tak berperan dalam metode moneter. “Sungguh tragedi bagi umat manusia,” kata ketua Federal Reserve AS Arthur Burns. Ia benar. Kaum puritan – salah satunya aku – akan menyusuri demikian itu banyak situasi sulit dunia, dari pemerintah yang boros dan negara mereka yang membengkak sampai inflasi harga rumah dan ketidaksetaraan, sampai keputusan itu.

Kutu emas senantiasa mempertahankan bahwa pengembalian ke emas tak bisa dihindari. Sejarah menampakkan metode uang kertas pasti mati. Keruntuhan inflasi tak bisa dihindari. Tapi di sini kita 50 tahun dan kembali ke emas tampaknya hampir tak dekat. Satu-satunya orang yang membicarakannya yakni orang edan di papan obrolan. Cara mata uang fiat mungkin semrawut dan konsekuensinya hampir terhina, melainkan konsisten bertahan dan berfungsi.

Terang bahwa inflasi ada di sini. Harga rumah menampakkan inflasi dua digit. Satu pint minuman memabukkan yang 18 bulan lalu berharga £4 kini berharga £6,50. Tarif bahan via atap. Tarif sekolah naik. Bayaran meningkat. Heck, malahan Bank of England mengakui ada inflasi.

“Kepercayaan pemodal sudah terguncang oleh penurunan harga emas yang pesat, melainkan pasar sedang membangun basis. Jangan mau harga yang melarikan diri; ini yakni jangka waktu yang lemah secara musiman. Tetapi, sesudah keluar dari dasar, trek dengan resistensi paling sedikit sepatutnya lebih tinggi. Sebagian akan menunjuk ke utang yang berkembang [atau] ekspektasi inflasi dan mempertanyakan kenapa itu tak jauh lebih tinggi.”

“Kenyataannya yakni pasar sepatutnya mengabsorpsi arus keluar yang stabil dari penjualan institusional sebesar sekitar 200 ton sepanjang tahun ini, ditambah dengan lemahnya permintaan dari India dan… China. Pembelian eceran dalam wujud koin dan batangan yakni salah satu dari sedikit hal positif. Aku mengira [bahwa episode ini] sudah berjabat tangan lebih lemah dari pasar meninggalkan emas mungkin kini mengagetkan ke atas, melainkan seperti lazim, kesabaran dibutuhkan.”

 

Info Lainnya : Disini